cara lapor pajak

Cara lapor pajak adalah hal yang selalu dibingungkan oleh kebanyakan orang yang sudah diwajibkan pajak. Padahal dengan kecanggihan teknologi saat ini, membayar pajak tidak lagi serumit dan sesulit dahulu. Dengan membuka situs pajak dan memasukkan dokumen yang diperlukan, maka pebisnis sudah terbebas dari kewajiban membayar pajak.

Sayangnya, masih banyak yang tidak mengetahui cara untuk membayar pajak dengan sistem online. Anda yang bingung dengan panduan membayar pajak, di bawah ini ada beberapa panduan yang bisa Anda lakukan.

Cara Lapor Pajak

Pajak memiliki banyak bentuk. Saat Anda bekerja untuk menghasilkan uang, Anda membayar pajak penghasilan. Bergantung pada berapa banyak uang yang Anda hasilkan, persentase tertentu (bagian) dari uang yang Anda hasilkan harus kena pajak.

Saat Anda membeli barang di toko, Anda juga biasanya membayar pajak penjualan, yang merupakan persentase dari harga barang yang dibebankan oleh toko. Jika Anda memiliki properti, Anda juga membayar pajak properti atas nilai properti Anda. Berikut adalah panduan membayar pajak secara online

Buatlah EFIN

EFIN adalah Electronic Filing Identification Number, nomor ini digunakan untuk melakukan transaksi perpajakan. Tenang saja, EFIN ini sudah terenkripsi dengan aman. Adapun cara untuk membuat EFIN,  adalah :

  1. Bukalah website pajak.go.id.
  2. Setelah itu, Anda perlu megunduh formulir untuk mengajukan EFIN.
  3.  Isikan  semua data yang diperlukan untuk pembuatan EFIN.
  4. Jika formulir sudah Anda isi semua, maka segara ajukan aktivasi EFIN ke Kantor Pelayanan Pajak yang berada di domisili terdekat Anda dengan membawa formulir EFIN yang sudah Anda print.  Tidak lupa bawa pula KTP dan NPWP asli dan fotokopi
  5. Lakukan  Registrasi Akun

Setelah menyelesaikan langkah pertama, maka lakukan registrasi akun untuk segera mengaktivasi pajak online, caranya adalah :

  1. Bukalah situs djponline.pajak.go.id
  2. Klik tulisan“Belum Registrasi”.
  3. Setelah itu isi EFIN, NPWP dan juga kode keamanan.
  4. Klik tulisan “Submit” .
  5. Tunggu pesan masuk di email Anda untuk melakukan aktivasi.

 Upload Berbagai Dokumen

Jika Anda sudah mempunyai akun pajak, maka langkah yang terakhir adalah mengunggah SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) Anda. Adapun caranya adalah :

  1. Buka website djponline.pajak.go.id.
  2. Masuk ke situs tersebut dengan menggunakan akun Anda.
  3.  Isikan NPWP, password dan kode keamanan Anda.
  4. Klik tulisan “e-filing” yang ada di halaman.
  5. Kemudian klik “Daftar SPT”.
  6. Lalu  klik “Buat SPT”.
  7. Pilih jenis formulir SPT Anda.
  8.  Setelah itu pilih opsi mengisi SPT, apakah formulir atau format menjawab pertanyaan di panduan.
  9. Isi semua informasi yang diminta oleh halaman.
  10. Jika sudah, maka klik tulisan “Di sini” dan tunggu kode verifikasi yang masuk di email Anda.
  11.  Setelah itu klik “Kirim SPT”
  12. Simpanlah data pajak Anda dengan mengklik tulisan“Simpan”.

Cara lapor pajak akan jauh lebih mudah jika Anda menyiapkan berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan. Anda ingin lebih mudah menghitung pajak yang harus Anda keluarkan? Gunakan saja aplikasi “Buku Warung”. Aplikasi keuangan ini akan memudahkan Anda menghitung keuangan bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here