Tips Cepat Menyapih Buah Hati Agar Mudah Melepaskan Dot Bayi

0
95

Sebagai orang tua memang lebih kritis menilai segala sesuatunya sebelum memberikan kepada anak, seperti halnya saat pembelian botol dan juga dot bayi yang aman. Bisa dilihat sekarang ini banyak produsen yang menawarkan beragam jenis, model dan merk botol melalui toko online yang belum tentu terjamin keamanannya. Dan tidak terkecuali saat pemilihan dot yang tepat untuk buah hati, karena terlalu banyaknya Anda harus mempertimbangkan satu persatu. Sebenarnya secara umum penggunaan dot ataupun empeng itu tidak direkomendasikan, selain dapat menjadikan buah hati ketergantungan juga dapat membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

 

Tetapi karena dot juga dapat memberikan ketenangan bagi bayi apalagi saat rewel ternyata dijadikan alasan para orang tua untuk tetap memberikan. Tetapi saat memberikan perlu banyak pertimbangan yang harus dilakukan, berikut ini hal yang perlu diperhatikan antara lain:

 

  1. Bahan dot.

Umumnya dipasaran ditemukan beberapa jenis bahan dasar pembuatan dot yaitu dari silicon ataupun lateks. Tetapi jika dilihat dari beberapa orang tua yang telah menggunakan memang lateks mempunyai bahan lebih lembut dan sangat fleksibel. Tetapi karena kelembutannya tersebut ternyata tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu juga tidak sedikit bayi yang alergi dengan bahan tersebut. sedangkan untuk silicon lebih kuat dan lebih tahan lama.

 

  1. Bentuk dot.

Dipasaran banyak sekali bentuk dari dot yang mudah untuk ditemukan, tetapi pilih bentuk yang hampir menyerupai puting payudara ibu. Dengan begitu buah hati akan lebih nyaman saat menggunakannya.

 

  1. Ukuran dan aliran dot.

Kemudian orang tua juga perlu memperhatikan ukuran dan juga aliran dot, karena dengan berbagai jenis ukuran lobang tentu akan membedakan jenis aliran bisa lambat ataupun cepat. Dengan ini Anda melihat bagaimana keadaan bayi Anda, karena setiap anak mempunyai ukuran menghisap yang berbeda-beda.

 

  1. Perawatan dot.

Sebelum membeli perhatikan juga cara perawatan dot bayi (link ke https://www.bukalapak.com/trend/dot-empeng-bayi ) dengan tepat, selain itu juga dapat bertahan berapa lama. Dengan demikian Anda akan mengetahui bagaimana merawatnya, kapan harus menggantinya atau apapun.

 

Hal-hal diatas dapat dijadikan sebagai pertimbangan Anda sebelum menentukan dot mana yang tepat untuk buah hati. Tetapi yang perlu ibu ingat adalah bahwa menggunakan dot bisa menyebabkan ketergantungan. Bahkan anak akan lebih susah melepaskan dot dari pada saat ASI eksklusif, makanya perlu dipertimbangkan lagi dengan baik sebelum pemakaian. Tetapi jika tetap memutuskan memilih menggunakan dot berikut ini akan dibagian tips menyapih anak supaya lebih mudah melepaskan dot kesayangannya yaitu:

 

  1. Memperkenalkan adik bayi.

Pertama yang dapat Anda lakukan yaitu mengenalkan orang lain yang masih bayi dan masih menggunakan dot. Buat anak berfikir bahwa dot hanya digunakan untuk bayi, padahal anak Anda sudah besar.

 

  1. Kasih pujian.

Dorongan dan motivasi dari orang tua ternyata mampu membuat sang anak lebih cepat melepaskan dot. Jadi berikan pujian saat buah hati Anda minum susu atau apapun menggunakan gelas.

 

  1. Terus berikan motivasi.

Misalnya dengan memberikan dasar perkataan jika adik ingin cepat besar harus melepaskan dot, ataupun kata-kata lain yang membuat buah hati Anda termotivasi.

 

  1. Berikan iming-iming hadiah.

Kemudian Anda bisa menggunakan cara untuk memberikan iming-iming kepada buah hati, misalnya memberikan mainan yang di inginkan sejak lama, mengajak liburan ke tempat yang disukai atau lainnya.

 

  1. Proses tahapan.

Jika ditarik kesimpulan sebenarnya menyuruh anak untuk beralih dari dot bayi ke gelas itu merupakan sesuatu hal baru, jadi perlu bertahap dan konsisten.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here