Mengenal 4 Karakter Konsumen Situs Belanja Online Terpercaya Indonesia

0
24

Di Indonesia sudah tidak sulit lagi untuk menemukan situs belanja online terpercaya yang menjual beraneka jenis barang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kemudahan untuk belanja online di situs e-commerce, baik yang merupakan online shop milik sendiri atau jenis marketplace, membuat masyarakat di Indonesia menjadi lebih memilih untuk berbelanja online dibandingkan dengan belanja di toko konvensional atau offline yang ada di sekitar tempat tinggal.

 

Ada beberapa alasan yang mendasari konsumen untuk memilih berbelanja online, diantaranya adalah:

 

  • Barang yang bisa dibeli lebih banyak dan lebih lengkap dibandingkan dengan belanja di toko offline.
  • Bisa berbelanja tanpa harus capek, kepanasan atau kehujanan. Jika barang yang dicari tidak ada di toko online A, maka Anda bisa langsung mencarinya di online shop B tanpa harus capek pindah tempat.
  • Banyak voucher dan diskon yang diberikan online shop tersebut.
  • Bisa berbelanja kapan saja dan dimana saja Anda inginkan.

 

Dari hobi atau kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka berbelanja online di situs belanja online Terpercaya, Google Indonesia melakukan riset yang berkaitan dengan perilaku belanja online yang terjadi di Indonesia. Bekerja sama dengan pihak GfK, menurut Henky Prihatna selaku Head of e-Commerce Google Indonesia mengemukakan jika masyarakat di Indonesia terbagi menjadi 4 jenis konsumen.

 

Pertama adalah innovator. Jenis konsumen yang pertama ini adalah tipe konsumen yang memiliki pendapatan yang lebih tinggi dan memiliki banyak perangkat. Maksudnya adalah jenis konsumen ini adalah konsumen yang lebih memilih untuk berbelanja online dengan menggunakan aplikasi atau mobile. Para tipe innovator ini adalah yang termasuk most advanced buyers atau pembeli yang paling dibidik karena bisa memberikan keuntungan bagi penjualan. Innovator memiliki perangkat yang banyak dengan pendapatan yang tinggi sehingga umumnya memilih untuk membeli barang premium misalnya aplikasi. Tipe innovator ini lebih mementingkan kualitas barang yang dibeli dan juga garansi. Untuk cara pembayarannya, tipe konsumen online di Indonesia ini lebih memilih untuk transaksi menggunakan internet banking.

 

Kedua adalah early adopters. Jenis konsumen di Indonesia ini adalah tipe konsumen yang memiliki pendapatan lebih rendah dan memiliki banyak perangkat. Konsumen ini biasanya lebih memilih untuk berbelanja online dengan menggunakan laptop atau komputer dibandingkan dengan menggunakan mobile. Konsumen early adopters ini juga termasuk ke kategori most advanced buyers dan jenis konsumen ini lebih memilih untuk melakukan pembayaran lewat ATM karena mendapatkan struk pembayaran fisik. Jenis konsumen ini lebih tertarik dengan barang yang memiliki tampilan yang menarik dan tidak terlalu memperhatikan detail barang seperti layaknya tipe innovator. Konsumen early adopters ini suka dengan diskon dan sebanyak 47% tergiur dengan barang atau produk diskon.

 

2 tipe konsumen Indonesia yang lainnya yang berbelanja di situs belanja online terpercaya yang termasuk convenience seekeradalah:

 

  • Gap tech yang merupakan konsumen yang memiliki pendapatan lebih tinggi dengan 1 perangkat saja. Tipe ini umumnya lebih suka berbelanja di situs jual beli online dengan menggunakan browser lewat mobile. Konsumen ini melakukan hal tersebut karena keterbatasan pengetahuan kendala pengetahuan untuk mengakses online shop dan cenderung lebih sering untuk melakukan riset serta transaksi lewat situs mobile.
  • Late bloomers adalah konsumen dengan pendapatan yang lebih rendah dan hanya punya 1 perangkat. Transaksi yang biasanya digunakan adalah COD.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here