Langkah Tepat Memilih Susu Bayi yang Cocok untuk Buah Hati Anda

0
24

Susu bayi yang terbaik adalah Air Susu Ibu atau ASI. Dengan memberikan ASI sejak lahir hingga usia yang tepat berhenti minum ASI, maka anak dapat memperoleh beragam manfaat yang tidak dapat diperoleh bila meminum susu formula saja. ASI yang diberikan kepada bayi membuat tubuh si Ibu juga lebih sehat karena ASI-nya keluar dengan lancar. Akan tetapi terkadang ada ibu yang tidak bisa menyusui anaknya menggunakan ASI karena berbagai faktor sehingga terpaksa menggunakan susu formula.

 

Banyak yang mengatakan bahwa susu formula kurang cocok terutama untuk daya tahan bayi. Akan tetapi bila terpaksa penggunaan susu formula harus tetap dilakukan agar bayi tetap bisa bertahan. Sistem pencernaannya yang masih sangat muda membuatnya hanya bisa mengkonsumsi susu saja sehingga susu formula diproduksi menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Beberapa jenis susu ini dibuat berdasarkan masing-masing kebutuhan bayi diantaranya adalah susu sapi, susu bebas laktosa (gula) dan susu soya.

 

Pilihan susu sapi memang banyak digunakan, tetapi tidak jarang tubuh bayi tidak bisa menerima sepenuhnya. Bila bayi tidak cocok dengan susu sapi, ia akan mengalami alergi yang membuatnya merasakan berbagai macam gejala yang tidak nyaman. Anda sebaiknya menerapkan tips yang tepat sehingga bayi Anda cocok dengan susu formula tertentu sehingga tubuhnya tetap sehat. Bayi tetap bisa tumbuh normal dan sehat sebagaimana bayi ASI. Agar Anda bisa memilih susu bayi yang tepat, Anda dapat menerapkan tips-tips berikut ini:

 

  1. Ketahui apakah bayi Anda memiliki alergi pada susu formula yang Anda berikan. Beberapa gejala dapat terlihat bila bayi Anda tidak cocok dengan susu formula tertentu, yaitu pertama muntah. Biasanya bayi akan memuntahkan susu yang diminumnya bila ia tidak cocok. Kedua perut kembung dan terlihat gelisah setelah meminum susu yang Anda berikan. Ketiga sesak napas, tetapi bukan sesak napas karena flu dan sinusitis. Keempat kulit bayi gatal disertai warnanya yang memerah. Kelima berat badan yang berubah dengan drastis. Keenam, perubahan saat BAB akibat dari reaksi langsung dari alergi.
  2. Segera tindaklanjuti ketika Anda menemukan gejala-gejala tersebut. Pertama Anda jangan panik karena alergi pada susu formula memang umum diderita oleh banyak bayi. Bawa bayi Anda ke dokter sehingga dapat ditangani dengan tepat. Dengan membawanya ke dokter, Anda akan diberikan rekomendasi susu yang tepat sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir.
  3. Terapkan langkah tepat untuk mengganti susu formula bila terbukti alergi terhadap susu formula tertentu. Langkah yang tepat untuk menggantinya adalah pertama campurkan susu formula baru dengan yang lama sehingga bayi bisa menyesuaikan. Secara bertahap, kurangi takaran susu yang akan ditinggalkan. Dengan demikian bayi dapat menerima secara penuh susu formula baru yang cocok untuk tubuhnya.

 

Apabila Anda belum berpengalaman dalam menghadapi perihal susu bayi ini, Anda dapat menanyakannya langsung kepada orang lain di sekitar Anda mengenai hal ini. Dengan demikian, pengetahuan Anda akan bertambah dan Anda tidak akan panik bila menghadapi hal-hal yang baru pertama kali Anda alami bersama bayi Anda. Pemilihan susu formula yang baik dapat Anda lakukan di toko online yang kini banyak tersedia. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya. Dengan pemilihan toko online terpercaya yang tepat, Anda tidak perlu jauh-jauh ke toko hanya untuk membeli susu untuk bayi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here